Wednesday, August 8, 2007

Konflik sesungguhnya dan persetruan digital

Ditulis Oleh Boris Mutina (minor)

uk-is-facing-a-cyber-war-2Kita sering menyaksikan format peperangan digital dan kekacauan. Ambil contoh sedikit kasus dari sejarah terbaru: konflik antara Israel dan Lebanon telah ditransfer ke bawah tanah digital melalui kenaikan pengrusakan website dengan pesan anti-peperangan, sepertinya, cyber-war tidak akan segera bisa berakhir. Atau mempertimbangkan kekacauan yang diprovokasi oleh penerbitan gambar "penghinaan" tentang Nabi Muhammad. Reaksi Dunia Islam sangat kuat, baik di jalanan maupun on-line.

Seperti berbagai hal, bukan lagi suatu kejutan bahwa protes yang terjadi beberapa minggu yang lalu di Estonia oleh karena pemindahan “Monumen peringatan Red Army” juga mempunyai konsekuensi digital. Kekacauan dimulai di Tallinn, beberapa website pemerintah, seperti website Kementerian Asing, dinodai dan bahkan website partai Perdana Menteri, partai Reform, telah diserang. Perdana Menteri Andrus Ansip, adalah tokoh dibalik layar gerakan pemindahan monumen peringatan itu.

Pada akhirnya, pada 8 Mei, seorang anak laki-laki usia 19 tahun asal Rusia telah ditangkap dengan tuduhan dilibatkan menempatkan/mengeposkan meminta Erang melawan terhadap Target Estonian dan menyediakan IP alamat untuk lokasi pejabat yang ia ingin ditargetkan.
Seseorang akan kata[kan bahwa kita tidak bisa genap bandingkan peperangan [itu] di (dalam) Lebanon dengan Tallinn’S protes, dan orang lain bisa membantah bahwa mereka mempunyai benar-benar tidak (ada) unsur di (dalam) common...but [yang] kita kalau tidak mereka sungguh [yang] sangat serupa sebab permulaan dari pada waktu ketika ditemukan [kuasa/ tenaga] [dari;ttg] senjata digital, masing-masing konflik- apakah (itu) suatu protes politis, suatu kompetisi komersil atau suatu peperangan riil- menjadi serupa.

Di (dalam) segala hal pesta yang berperang konflik menggunakan senjata berdaya tinggi dan, berpotensi, senjata [yang] yang paling bersifat merusak adalah cyber serangan: kekuatan api besar di (dalam) bidang atau pasukan dengan baik bersenjata tidak bisa jadilah cukup sebab suatu kelompok kecil penyerang bisa memimpin suatu mass-destructive serangan [yang] hanya
melepas sistem digital yang di atasnya beribu-ribu hidup tergantung pada.

Yang lain Aspek/Pengarah, yang [itu] harus tidak diremehkan adalah kekuatan cyber masyarakat. Milik forum, websites dan lain perkakas online biasanya digunakan sebagai ” titik temu”, markas besar sebetulnya, tempat di mana untuk menyebar propaganda, mengumpulkan dana, merekrut pejuang dan meminta serangan.

Sebagai contoh, orang [laki-laki] menangkap Tallinn menempatkan/mengeposkan daftar target pada [atas] Forum Estonian utama dan menuntut membantu ke arah menyelesaikan serangan [itu].
Ini adalah tak satu kasus tertentu pun , [karena;sejak] pada [atas] Zone-H seperti halnya pada lain sumber ada kelompok didokumentasikan kasus yang menjadi bukti peran yang dominan cyber masyarakat di (dalam) pen;dukungan [dari;ttg] prakarsa digital.
Lain Karakteristik dasar . seperti (itu) masyarakat adalah bahwa anggota terikat[an] oleh lebih kuat ties dibanding kebangsaan: ideal, tujuan, [penderitaan/nafsu], agama atau pandangan politis adalah unsur-unsur yang riil untuk membuat cyber masyarakat yang sangat kuat dan kompak.

[Kuasa/ tenaga] [dari;ttg] Ummah digital, Bangsa Islam yang tanpa perbatasan, didasarkan [hanya;baru saja] pada [atas] prinsip ini, dan kekuatan nya adalah menunjukkan sejumlah situasi, seperti kasus Film karton Nabi Muhammad Nabi atau di
(dalam) Lebanon Konflik.

Tentu saja, ada hukum yang [perlu] melindungi orang-orang dari serangan digital, tetapi mereka biasanya bekerja untuk

menghukum pelaku sekali ketika serangan telah dilaksanakan. Dan kerusakan telah dilaksanakan.

Estonia berhasil;menggantikan menangkap sese]orang mencurigai dan barangkali akan ada lebih [] hukuman, tetapi ukuran ini

tidak bisa mencegah penyerang dari dengan sukses memimpin serangan mereka. Lebih dari itu, [itu] tidaklah selalu sangat

mudah untuk mengejar penyerang, [karena;sejak] semakin suatu serangan adalah tersebar luas semakin sedikit kita mempunyai

kesempatan untuk melacak dan menangkap/menghentikan pelaku nya.

Tidak ada komentar sekitar who’s benar atau who’s salah. Kita [hanya;baru saja] kata[kan lagi [bahwa/yang] kekuatan

Internet sebagai senjata sangat nyata untuk diremehkan. Serangan ini sedang mempertunjukkan [kita/kami], bahwa kita

berpotensi di bawah ancaman yang tetap suatu deep-impact menyerang. [Itu] tidaklah perihal [alat/ makna] atau keadaan,

adalah sekedar perihal waktu.


No comments: