Thursday, August 9, 2007

Gempa 7 SR berpusat di Indramayu


Gempa 7 SR yg menguncang sejumlah wilayah di Pulau Jawa Bepusat di Indramayu Jawa barat. BMG mencatat gempa terjadi pukul 00.04 WIB, Kamis (9/8/2007).

Bedasarkan informasi dari Pusat Gempa Nasional titik gempa berada di 6.17 LS dan 107.66 BT dgn kedalaman 286 KM di bawah permukaan laut.

Gempa berjarak 75 km barat laut Kota Indramayu. Dijelaskan Petugas PGN, Ajat, Gempa terasa di Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Bogor dan berapa wilayah lainnya.

Hingga pukul 00,27 PGN belom menerima laporan adanya kerusakan dan korban jiwa.


USG Catat Gempa 7,5 SR Terasa Di Malaysia

Jkt - Badan gempa Amerika Serikat atau USGS mencatat gempa yang berpusat di Indramayu juga terasa sampai Malaysia, walau tidak perpotensi menimbulkan kerusakan berati.
Dari situs resminya, USGS meyebutkan bahwa gempa tersebut tidak hanya mengiyang beberapa wilayah di pulau Jawa dan Sumatra. Laporan diterima USGS bahwa gempa itu juga dapat dirasakan dibeberapa wilayah Malaysia.
Meski begitu, kalau goyangnya dapat dirasakan dalam cakupan wilayah yang luas, gempa itu tidak berpotensi menyebabkan kerusakan besar mengingat pusat gempa terletak di kedalaman 290 km di bawah permukaan laut.
Berbeda dengan JMA dan BMG, USGS mencatat gempa tersebut berkekuatan gempa sebesar 7,5 SR.

Warga Pesisir Indramayu Oanik, Tsunami Terjadi

Cirebon - Hingga pukul 01.00 WIB, Kamis 9/8/2007 belom ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa 7.0 SR yang terjadi di laut di kawasan Indramayu panik dan keluar rumah.
Informasi didapatkan detikcom, warga pesisir langsung berhamburan ke luar rumah begitu mersakan ada getaran gempa yang sangat keras. Bahkan, warga pesisir khawatir akan terjadi tsunami.
Namun, hingga saat ini, tsunami itu tidak terjadi. Namun, warga pesisir INdramayu masih memantau perkembangan, meski sebgaian besar dari mereka sudah masuk kembali ke dalam rumah.
Gempa ini juga sangat dirasakan dikawasan cirebon dankuningan. Sama dengan yang terjadi di semua kota di jawa, warga Cirebon langsung keluar rumah saat gempa terjadi.


Gempa 7,0 SR Bisa Pengaruhi Aktifitas Gunung Ciremai

Kuningan - Gempa 7,0 SR juga terpantau di seismograf di Pos Vulkanologi Gunung Ciremai, kuningan, Jawa Barat. Aktivitas gunung yang terletak sekitar 50 KM dari Indramayu ini kemungkinan akan terpengaruh.
"Gempa ini sangat besar. Jadi bisa saja mempengaruhi aktivitas gunung Ciremai." kata Yus Rushana saat ditemui di dektikcom di Pos Vulkanologi Gunung Ciremai, Kuningan, Kamis 9/8/2007 sekitar pukul 01.10 WIB.
Yus memperlihatkan rekaman gempa yang terjadi pada pukul 00.04 WIB itu berkekuatan 7,0 SR.
Menurut Yus, pihaknya masih terus memantau aktivitas Gunung Ciremai yang saat ini bersetatus normal. Sebab, guncangan gempa dahsyat seperti ini secara teoritis akan bisa mempengaruhi aktivitas gunung. "Tapi sekarang belom ada perubahan aktivitas, masih tetap normal." ujar Yus.
Gempa berkekuatan besar ini dirasakan di Jakarta, Bandung, Hingga Semarang dan Yogya. Warga di semua kota di Jawa panik dan berhamburan keluar rumah. Warga pesisir Indramayu juga panik dan mengkhawatirkan terjadinya tsunami. Namun, hingga saat ini tsunami tidak terjadi.

JMA: Gempa 7,7 SR Tidak Berpotensi Tsunami

Jakarta - Pusat Gempa Jepang atau Jepang Metereological Agency (JMA) mencatat gempa di Indramayu berkekuatan 7,7 SR. Namun gempa itu tidak berpotensi tsunami.
Gempa yang menggoncang sejumlah wilayah di pulau jawa bahkan terasa hingga Lampung, Sumatra Selatan, dan Padang. BMG mencatat kekuatan 7 SR dengan pusat gempa di 75 KM barat laut Kota Indramayu.
Hingga pukul 01.06 WIB belom dilaporkan adanya korban jiwa dankerusakan.

No comments: