Monday, July 2, 2007

Festival Band Alternatif Religi Perangi Narkoba


ANJATAN - Kampanye anti narkoba dilakukan SMA Darul Fikri Mangunjaya, Anjatan, melalui Festival Band Alternatif-Religi, Minggu (1/7) bertempat di halaman kampus setempat. Sebanyak 20 peserta grup band dari dalam dan luar kota, mengikuti even yang bertajuk No Punk, No Black, No Metal, and Say No to Drugs, memperebutkan hadiah total senilai Rp1 juta.

Uniknya, pementasan musik dalam rangka sosialisasi program pemerintah tentang bahaya narkoba tersebut, para peserta dilarang berpenampilan seronok, berjingkrak di atas panggung, maupun mengonsumsi minuman keras (miras). Jika melanggar ketentuan tersebut, peserta langsung dikenakan sanksi.

Oleh panitia, para peserta hasil audisi SMS Studio Cipancuh Haurgeulis, hanya diwajibkan mengenakan pakaian bebas tapi sopan. Kemudian, diberi kesempatan memilih lagu wajib berirama alternatif atau religi milik Ada Band, Ungu, Kangen Band, Coklat, Republik, Utopia, Rama, Slank, Naff, Peterpan dan Garasi yang sudah ditentukan. Meskipun demikian, semarak festival band yang bertemakan budaya dan agamis tersebut, tetap dijejali ratusan penonton dari berbagai wilayah, khususnya anak-anak muda di Indramayu bagian barat (IBB).

Ketua panitia festival Catu Hidayat AMa menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah menekankan pemahaman konsep dan pentingnya bermain seni musik, khususnya bagi generasi muda. “Tidak mesti harus wah, tapi yang diutamakan adalah bagaimana peserta dapat memainkan musik secara beradab dan berbudaya,” terangnya.

Sementara Kepala SMA Darul Fikri Mangunjaya, Maman SPd MEd mengatakan, konsep awal diadakannya festival bagi kalangan pelajar dari siswa SLTP, SLTA dan umum tersebut, yaitu untuk mengembangkan multi kecerdasan anak-anak band dengan tidak melepaskan nuansa keislamannya.

“Melalui festival ini, kami mencoba mengembangkan sikap demokratis, toleran, dan beradab, dalam kehidupan masyarakat yang berbudaya dan agamis. Yang pada akhirnya generasi muda dapat menjauhi narkoba serta minuman keras yang selama ini menjadi racun untuk berkreasi secara benar,” tegas Maman.

Sedangkan dari hasil penilaian, AN Dream Band berhasil menjadi juara ke-1. Sedangkan juara 2 dan 3 diraih Billy The Kid Bandung, dan Audience Band Haurgeulis. (kho)

No comments: