Monday, July 2, 2007

Kucing Rumah Berasal dari Timur Tengah

PARA ilmuwan menilai, kucing rumah, entah yang benar-benar tinggal di rumah atau pun yang hidup di tempat sampah, sesungguhnya memiliki leluhur yang sama yakni kucing purba yang dipelihara masyarakat Timur Tengah pada lebih dari 10.000 tahun silam.

Leluhur kucing rumah adalah spesies bernama felis silvestris lybica. Kucing purba tersebut mulai dipelihara masyarakat yang tinggal di wilayah subur Fertile Crescent (Bulan Sabit Kesuburan) di Timur Tengah. Wilayah tersebut saat ini menjadi bagian negara Mesir hingga Iran.

“Para petani di Fertile Crescent mulai memelihara kucing ketika mereka mulai menyimpan biji-bijian dan memelihara ternak,” tandas ilmuwan National Cancer Institute Dr Stephen O’Brien dalam laporan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science.

Para ilmuwan menilai, penelitian tentang leluhur kucing tersebut penting untuk mempelajari penyakit- penyakit yang menjangkiti manusia. Namun, para ilmuwan belum bisa menjelaskan bagaimana kucing dari Timur Tengah bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia. (ahmad fauzi/sindo/mbs)

No comments: