Monday, August 13, 2007

Nanti Malam, Langit Bandung Diwarnai Hujan Meteor


BANDUNG — Fenomena alam setahun sekali berupa hujan meteor Perseid akan menghiasi Kota Bandung malam ini. Peristiwa alam ini akan mencapai puncaknya pada Senin (13/8/2007) pukul 02.00 WIB dini hari.

Kepala Observatorium Boscha Lembang, Taufik Hidayat mengatakan, hujan meteor Perseid yang akan terjadi dini hari nanti, akan menjadi istimewa. Sebab, hujan meteor tersebut terjadi lebih banyak dari biasanya.

"Menjelang puncaknya, 10-12 meteror perjam bisa terlihat. Tapi, dini hari nanti, saat puncuknya hujan meteor bisa terlihat 1 meteor permenit," kata Taufik saat dihubungi wartawan.

Ia menyebutkan, hujan meteor ini bisa dilihat dilangit mana pun tanpa harus menggunakan alat bantu. Jika masyarakat ingin menyaksikan hujan meteor tersebut sebaiknya melihat kearah timur laut. Sebab, hujan meteor Perseid ini searah dengan resi Perseus.

"Mudah-mudahan langit cerah. Jika, langit cerah masyarakat bisa melihat kearah timur laut. Sebab, hujan meteor ini searah dengan resi Perseus," tuturnya.

Ia mengatakan, hujan meteor ini diperkirakan akan mulai terlihat pada pukul 10.00 WIB, Minggu(12/8). Pada waktu itu, frekuensi hujan meteor masih relatif sedikit yakni 10-12 meteor perjam.

“Namun, hujan meteor ini akan mencapai puncaknya pukul 02.00 WIB hingga menjelang pagi,” pungkasnya.

No comments: