Tuesday, May 29, 2007

Batik Tulis Paoman Indramayu


Batik yang berciri khas pesisir, memiliki corak yang berbeda dengan batik daerah lainnya. Perpaduan antara kepercayaan, adat istiadat, seni dan lingkungan kehidupan
daerah pesisir, ditambah lagi adanya pengaruh dari luar, seperti Cina, Arab dan Timur Tengah, Hindu-Jawa serta Eropa ikut mempengaruhi terbentuknya motif dan karakter batik tulis pesisir.Industri kerajinan batik tulis ini terdapat di Kelurahan Paoman, Desa Pabean Udik, Kecamatan Indramayu dan Desa Terusan Kecamatan Sindang. Kualitas dari batik yang mem punyai ±200 motif ini telah mampu menembus pasaran internasional, terutama para kolektor batik dari mancanegara.

Kerajinan bordir berkembang cukup pesat di Indramayu, terletak di Desa Sukawera, Kecamatan Widasari ±22 Km dari Kota Indramayu. Hasil produksi mampu memenuhi permintaan pasar regional dan nasional.

Mirip dengan kain ulas, itulah tenun gedogan yang diproduksi oleh para pengrajin di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat. Tenun gedogan selain dapat dipergunakan untuk selendang juga sebagai hiasan dinding, taplak meja dan sajadah.

Kerajinan anyaman waring yang menggunakan bahan baku daun gebang, dapat dijumpai di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat. Anyaman waring dapat dipergunakan untuk pembuatan tas, hiasan dinding dan cinderamata.

No comments: