Tuesday, May 29, 2007

Tips dan Trik Ampuh Membangun Kekayaan Online

internet.jpgJAKARTA - Transaksi perdagangan kini tak hanya dilakukan di dunia nyata saja, namun juga telah merambah ke dunia maya. Perkembangan teknologi di zaman modern memang membuka sejuta peluang usaha.

Salah satu teknologi yang saat ini berkembang pesat adalah Internet. Maka tak heran jika ilmu pemasaran juga ikut merambah ke dunia maya itu.

Membuka bisnis di industri internet memang masih kurang familiar. Namun, membangun usaha di dunia maya pada intinya hampir sama dengan membuka bisnis lainnya, tujuannya juga sama yaitu mempertebal kantong. Hanya saja mediannya yang berbeda.

Sama halnya dengan berdagang di pasaran, untuk memuluskan penjualan di dunia maya juga perlu dilakukan berbagai usaha yang dilakukan, untuk mengocek keuntungan.

Setelah menentukan produk yang akan dijual, salah satunya dengan melakukan kegiatan pemasaran. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendongkrak penjualan di dunia maya, antara lain :

Setelah berhasil menjual pertama kali, apapun itu entah e-book ataupun software, Anda harus tetap melakukan follow-up atau terus membangun hubungan dengan pelanggan.

Membangun hubungan di dunia maya bisa dilakukan dengan pengiriman email sederhana, yang berisi ucapan terima kasih. Namun, jangan lupa untuk menyisipkan iklan produk yang lainnya. Lakukan follow-up minimal setiap beberapa bulan sekali. Yang terpenting, jangan sampai putus hubungan.

Lakukan "Upsell" pada pelanggan. Strategi upsell adalah ketika seseorang sedang bersiap-siap untuk melakukan pemesanan dan tiba di halaman order, tawarkan lagi produk lain kepada pelanggan dengan begitu pelanggan dapat menambahkan pembelian produk.

Penjualan di dunia maya, berikan juga pilihan kepada pelanggan untuk mengikut program reseller. Sehingga, pelanggan Anda bisa mendapatkan komisi dengan menjual produk Anda. Komisi untuk mengikuti program reseller biasanya berkisar antara 0 hingga 50 persen.

Jualan hak jual ulang atau distribusi untuk semua produk anda, kemas lah "hak jual ulang" menjadi sebuah produk yang berperan menjadi penjualan setelah penjualan (after sales poduct) atau biasa kita sebut back-end product.

Lakukan promosi silang dengan pebisnis lain. Caranya, bisa dengan membuat produk paket yang berisi produk yang Anda tawarkan, dan produk partner bisnis, atau sisipkan iklan produk partner bisnis Anda di produk Anda, atau sebaliknya.

Tak lupa, berikan juga bonus berikut dengan produk yang Anda jual. Bonus yang diberikan harus memiliki iklan produk Anda yang lainnya. Triknya adalah bonus produk yang ditawarkan harus memiliki keterkaitan dengan produk utama Anda.

Misal, penjualan software untuk membuat e-book. Triknya bisa menyisipkan iklan mengenai software untuk membuat sampul e-book.

Disarikan dari tulisan Samuel Indrajaya,
Pemilik Kekayaan Online.com. (rhs)

No comments: